Mantapnya V60 Copas blend

Mantapnya V-60 Manual Brew Copas Blend – Coffee Shop PIK

Mantapnya V-60 Manual Brew Copas Blend sudah tidak bisa di pungkiri. Kamu pecinta Manual brew? Copas merupakan tempat yang tepat untuk mu! Namun sebelumnya mari kita membahas terlebih dahulu tentang teknik ini.

Mantapnya V-60 Manual Brew Copas Blend
Mantapnya V-60 Manual Brew Copas Blend

Manual brew dengan V60, Apakah V60 itu?

Kita melangkah mundur ke tahun 1908. Seorang wanita berkebangsaan jerman bernama Melitta Bentz. Menemukan kertas filter untuk kopi. kertas filter ini kemudian di gunakan di seluruh dunia untuk menyeduh kopi. namun Melitta bukan lah pencipta metode v60, hingga setidaknya 50 tahun kemudian setelah kertas filter ini di temukan.

V60 sendiri merupakan sebuah teknik brew yang dikembangkang oleh perusahaan gelas dan keramik di jepang bernama Hario. Hario sendiri pertama kali di buka di tahun 1920 di Kanda, tokyo Jepang. berfokus pada kaca, keramik dan gelas hingga 30 tahun kemudian pada tahun 1956.  Hario mulai memperluas ekspansi mereka ke peralatan dapur.

Mantapnya v60 Copas blend

hingga pada akhirnya Tsuruoka San seorang pemikir dan inovator dari Hario

Menemukan corong yang tepat di gunakan untuk tekhnik pembuatan kopi menggunakan kertas filter yang sudah di sesuaikan. prototype V60 pertama kali di buat.  Pada masa itu teknik pembuatan kopi yang populer adalah nel drip. teknik yang membutuh kan latihan dan kesabaran untuk menghasilkan kopi yang baik. sehingga pada saat pertama kali v60 di tampilkan v60 dianggap mampu menjadi tren baru yang menyegarkan.

tekhnik ini belum sepenuhnya sempurna. Tsuruoka terus bereksperimen dengan corong kaca berbentuk kerucut. hingga pada akhirnya pada tahun 1980 V60 mulai di jual di pasaran.

Dinamai V60 karena sudut kerucutnya yang 60 derajat.

Mantapnya V-60 Manual Brew Copas Blend

Prototype v60 ini terus berada di awal bentuknya hingga di tahun 2004 hario mulai mengembangkan bentuk dan bahan lain.

Pada tahun 2004 ini, para insinyur Hario menambahkan tulang rusuk berbentuk spiral ke bagian dalam corong khas V60. sebuah langkah yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah-masalah yang disebabkan oleh tulang rusuk diagonal.

Di dalam rusuk diagonal yang lurus dari pembuat kopi yang khas ini, saringan akan menempel pada kaca, menghalangi aliran air ke seluruh kopi.  namun hal ini mampu di hindari dengan rusuk spiral dari desain baru V60. yang mengangkat filter dari kaca dan memungkinkan kopi untuk blooming (atau mekar) ketika melakukan kontak dengan air. Selain itu, pembuatan lubang besar tunggal di tengah memungkinkan lebih banyak air untuk menyentuh bubuk kopi. mengekstraksi lebih banyak rasa dan aroma.

Mantapnya V-60 Manual Brew Copas Blend

Perubahan desain yang diimplementasikan dalam V60 memberikannya dua keuntungan yang berbeda. Pertama, pembuat kopi berhasil mendekati teknik ekstraksi tetesan seperti nel drip.

Kedua, Hario V60 mampu menghasilkan rasa dingin dan bersih. berdasarkan kecepatan menuangkan air. Dengan perubahan kecil namun efisien untuk desain asli setelah 60 tahun. V60 mampu mengalahkan kompetisi yang digawangi oleh gerakan kopi gelombang ke-3. (akan di bahas di artilkel selanjutnya)

Dengan ekstraksi penuh karakter dan rasa biji kopi yang digunakan,  serta dikombinasikan dengan kemampuan konsistennya v60 memberikan secangkir kopi yang bersih, V60 langsung populer dikalangan pecinta kopi. dengan V60 anda mampu membuat kopi dengan rasa dan aroma terbaik di rumah.

V60 mulai menjamur dan menjadi hit di Seattle, Washington.

Mantapnya V-60 Manual Brew Copas Blend

Seattle adalah kota di Amerika, yang sangat terkait dengan sejarah modern kopi. Kebanyakan peminum kopi pada saat itu, beserta baristanya menemukan ikatan dalam V60 dan metode penyeduhannya. Menuangkan secangkir kopi kepada pelanggan adalah sesuatu yang intim dan agak bersifat ritual. Si penikmat kopi mampu melihat keindahan jepang dari teknik penuangan airnya.

Segera setelah itu, berita tentang V60 menyebar dengan cepat dan desainnya mulai mengambil gaya dan bentuk baru. Berbahan keramik atau kaca bening dan desainny yang minimalis, V60 memperoleh popularitas dan menyebar dalam berbagai penampilan.

Singkatnya, kamu dapat menemukan V60 di hampir semua kombinasi warna. Dalam waktu singkat, orang-orang terkenal di industri kopi segera menjadi duta merek untuk Hario V60. Contoh yang patut dicatat adalah dunia Barista Champion Michael Phillips. yang menggunakan V60 untuk memenangkan gelar juara tahun 2010. Contoh lain adalah George Howell, yang mendirikan program Cup of Excellence. George Howell, secara teratur menganjurkan penggunaan Hario V60. V60 telah berkembang menjadi salah satu pembuat kopi paling populer.

Mantapnya V-60 Manual Brew Copas Blend.

Banyaknya Peminat di Indonesia. Membuat Copas turut serta menghadirkan tekhnik ini. Barista copas sangat piawai dalam membuat V60. banyak pelanggan yang sengaja menonton di buatnya V60. dan terpukau dengan cara pembuatannya yang tidak biasa. Biji kopi yang digunakan pun beragam. dari biji kopi Copas blend hingga biji kopi dari manca negara.

Cita rasa yang di hasilkan V60 membuat biji kopi nya sangat terasa, contohnya seperti copas blend, Rasa fruity, Cerry, Citrus lime sparkling, sweetness, cinnamon, Light body, clean after taste and acidity mampu di eksekusi dengan baik.

mau lihat michele dan sasa membuat 360?

jadi tunggu apa lagi? Ayo rasakan Mantapnya V-60 Manual brew Copas blend hanya COPAS.

copas youtube button

fb button

instagram button

copas whatsapp button

copas google+ button

About the author: CopasCafeiners

Leave a Reply

Your email address will not be published.