Manfaat Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi untuk kesehatan

Hi Cafeiners! kali ini Copas akan membahas tentang Manfaat Minum Kopi.

Manfaat Minum Kopi – Tanpa kalian ketahui. Minum kopi ternyata banyak sekali loh manfaatnya. Buah kopi yang di ekstrak menjadi bubuk kopi yang sehari-hari kita minum ini. Ternyata memiliki banyak sekali zat-zat bergizi baik untuk tubuh. Bahkan di percaya sebagai penagkal zat pelawan kanker yang paling ampuh.

Minum kopi setiap hari sudah menjadi trend di masa kini. Kopi biasanya menjadi teman kita untuk mengawali hari. Maupun menemani di kala senggang. Keunikan minuman yang aslinya berwarna hitam pekat ini adalah rasanya. Kopi mampu menyuguhkan cita rasa yang unik. Tidak hanya pahit saja, namun juga menghasilkan rasa Manis, Fruity, asam dll. tergantung dari mana asal buahnya. dan bagaimana cara pengekstraksian dan roastingnya. Tidak heran banyak sekali orang yang memfavoritkan minuman ini. Kopi bahkan di nobatkan sebagai minuman yang paling banyak di minum oleh manusia selain air putih.

Nah berita baiknya. ternyata kopi memiliki dampak baik untuk kesehatan loh. dan dibalik nikmatnya kopi juga menyimpan berbagai ragam manfaat. beberapa Manfaat Minum Kopi adalah sebagai berikut:

Nutrisi Pada Kopi

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
  • Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

Kopi Mampu meningkatkan stamina

kopi meningkatkan stamina

Biji kopi mempunyai kandungan zat kafein yang sangat tinggi. Apa itu kafein? Kafein adalah zat alkaloid, yang ekstraksinya berbentuk berupa kristal putih panjang tanpa warna dan berasa pahit. Kafein berfungsi sebagai zat stimulan untuk sistem syaraf pusat, zat perangsang serta dapat menangkal katuk dan mengembalikan kewaspadaan. namun hal ini tidak permanen. dan akan hilang seiring waktu.

Kafein termasuk dalam golongan zat psikoaktif karena dapat merangsang sistem syaraf pusat. namun tidak berbahaya. kafein dapat di konsumsi secara legal dan penggunaanya tidak di batasi oleh hukum.

Tingkat kafein yang tinggi ini mampu membuat pergerakan adenosin (sel dalam tubuh yang berkerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur) melambat. jika sel adenosin melambat maka akan membuat perasaan segar lebih lama. karena adenosi tidak bergerak sebagaimana mestinya. perasaan seperti kantuk pun hilang. dan kita bisa beraktifitas lebih lama (stamina meningkat).

Kopi mampu Mencegah kanker

kopi mencegah kanker

Kopi juga mengandung senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan dalam kopi mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit-penyakit seperti kanker, asam urat (rematik), dan juga menghambat penuaan dini, yang disebabkan radikal bebas. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

Kopi adalah salah satu biji yang mengandung antioksidan alami jenis polifenol.  Antioksidan yang terkandung dalam biji kopi berupa asam khlorogenat sebesar 8-10% basis kering. Efek positif senyawa antioksidan dalam minuman kopi akan terdeteksi dalam jangka waktu yang panjang, ketika seseorang rutin mengkonsumsi kopi dengan jumlah yang wajar.

Kopi juga dapat menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki anti bakteri yang sangat baik untuk kebersihan mulut. Dalam biji kopi terdapat senyawa fenolik, trigonelline dan asam klorogenat yang dilaporkan memiliki aktivitas antimikroba.  Asam klorogenat mempunyai aktivitas sebagai anti bakteri, anti mutagenik, anti tumor, anti virus, anti kanker, anti analgesik, anti
piretik, anti radang, dan anti jamur . Asam klorogenat pada biji kopi yang merupakan asam organik non-volatile yang terdapat pada biji kopi dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Kopi mampu mengurangi resiko diabetes

kopi tanap gula mengurangi diabetes

Daiabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat. peningkatan gula ini akan menyebabkan seseorang mengalami komplikasi jangka panjang, seperti stroke, penyakit jantung, kebutaan, gagal ginjal, penyakit pada pembuluh darah dan kerusakan syaraf.

Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi kopi berkafein sebelum mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan sekresi insulin sebanyak 40%. jika kadar insulin pada tubuh sesuai dengan takaran tertentu maka gula darah dalam tubuh dapat di atur dengan baik.

Penghambatan penyerapan gula juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

namun perlu di perhatikan bahwa tidak semua kopi baik untuk penderita diabetes (orang yang sudah di diagnosis terkena diabetes).  karena jenis diabetes yang di derita pun berbeda-beda. pada orang yang terkena diabetes akut. insulin yang di hasilkan kopi justru berbahaya karena dapat menaikan gula darah si pasien. oleh karena itu bagi penderita diabetes lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

Kopi mampu Mengurangi resiko penyakit Alzheimer, Demensia dan Parkinson

kopi mengurangi penyakit

Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.  kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas.

Penderita Alzheimer memiliki ABeta yang berlebihan dalam tubuhnya. dan sesuai penelitian Komponen minor dalam kopi (selain kafein dan quinine) mampu menurunkan produksi protein ABeta sehingga menunda kemunculan Alzheimer. Sehingga jika mengonsumsi kopi yang mengandung komponen minor, maka Abeta dalam tubuh mampu di tekan. 

Selain itu Penderita Alzheimer diketahui memiliki Granulocyte Colony Stimulating Factor (GCSF) yang rendah. Kopi disebut dapat meningkatkan GCSF pada manusia dengan senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.  yang mampu merangsang kerja dari sel-sel otak.

Meski sama-sama menyerang bagian otak, penyakit Alzheimer dan Parkinson merupakan 2 penyakit yang berbeda. Jika Alzheimer merusak ingatan, Parkinson melemahkan daya gerak tubuh. Namun karena kopi dapat sangat berguna baik untuk menstimulasi otak maupun gerak tubuh, maka kemungkinan besar kopi juga dapat menangani penyakit tersebut. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

Sama halnya dengan Alzheimer, obat untuk menyembuhkan Parkinson juga masih belum ditemukan. Karena itu, sangat penting untuk mencegah penyakit ini. Penelitian menunjukan bahwa resiko peminum kopi untuk terkena Parkinson lebih rendah sekitar 32–60%.

Minum Kopi mampu meningkatkan Mood

kopi meningkatkan mood

Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu Manfaat Minum Kopi juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi dopamin di otak, yaitu neurotransmiter yang berhubungan dengan rasa senang. selain itu kafein juga dapat mencegah reseptor otak untuk merespon situasi stres. Artinya, para penggemar kopi atau yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kafein tinggi setiap hari mungkin lebih sulit untuk mengalami depresi atau merasakan suasana hati yang buruk.

Sama seperti aroma therapy. Aroma kopi juga dipercaya bisa memperbaiki mood yang sedang buruk. Meski Anda bukan penikmat kopi, aroma yang dihasilkan dari biji kopi pun bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan mood. Oleh karena itu, beberapa orang mungkin merasakan bahwa kopi dapat mengubah suasana hati menjadi baik.

Kopi dapat membakar lemak

kopi membakar lemak

Hampir semua supplemen pembakar lemak yang dijual secara komersial ternyata mengandung kafein, Alasannya adalah karena kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan proses metabolisme sebesar 3–11%. Penelitian lain menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada orang yang menderita obesitas dan 29% pada orang yang tidak obesitas.

Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa efek ini akan berkurang bagi orang yang sudah meminum kopi dalam kurun waktu yang lama.

Bagi kebanyakan orang, kopi dapat menjadi bagian dari konsumsi sehari-hari yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak masalah kopi yang dikonsumsi adalah jenis arabika ataupun robusta, keduanya sama-sama bermanfaat bagi kesehatan.

secangkir kopi

Bahkan kopi dapat dikonsumsi sampai beberapa gelas dalam satu hari. Meski demikian, mungkin saja minum kopi tidak menguntungkan bagi semua orang. Mereka dengan kondisi hati tertentu, kepekaan terhadap kafein, dan ibu hamil harus menghindari minum kopi yang berkafein yaitu dengan hanya mengkonsumsi kopi decaf atau teh.

Selain itu, mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menghilangkan beberapa Manfaat Minum Kopi di atas karena besarnya jumlah kafein yang dikonsumsi.

Intinya adalah konsumsilah kopi dengan tidak berlebihan, umumnya 2–3 gelas sehari untuk mendapatkan Manfaat Minum Kopi dan menghindari permasalahan-permasalahan kesehatan yang dapat ditimbulkan karena kelebihan kafein.

Nah sudah jelaskan Manfaat Minum Kopi, jadi tunggu apa lagi? mau sehat? ayo ngopi di Copas.

Nah kebetulan Copas lagi Bagi-bagi Voucher gratis senilai Rp 50.000 nih. Caranya Gampang banget!

Ga perlu tuh share-share gambar atau isi kuisioner yang panjang banget, Caranya sederhana sekali. kamu tinggal click button FREE VOUCHER di bawah ini, lalu isi datanya dan dapatkan Voucher nya.

FREE VOUCHER COPAS COFFEE SHOP PIK
FREE VOUCHER COPAS COFFEE SHOP PIK

copas youtube button copas whatsapp button copas instagram button copas google+ button fb button

About the author: CopasCafeiners

Leave a Reply

Your email address will not be published.