Mengenal Kafein lebih dalam

Mengenal KAFEIN lebih dalam

Kafein adalah sejenis bahan kimia yang diketahui mampu menstimulasi sistem saraf. Ketika kafein masuk ke dalam tubuh, kafein akan meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, menaikan levek energi dan memperbaiki suasana hati. Mengenal Kafein lebih dalam

Mengenal Kafein lebih dalam

Mengenal Kafein lebih dalam. Kafein bekerja secara cepat dan banyak orang sudah menyadari efeknya dalam hitungan menit. Kafein juga mampu bertahan sampai kandungannya di dalam tubuh menghilang, durasi waktunya tergantung beberapa hal.

Setiap orang memiliki efek yang berbeda-beda dengan kafein. Beberapa orang mungkin memiliki efek lebih lama dari orang yang lain. Untuk ibu hamil dengan kesulitan tidur sebaiknya mengurangi asupan kafein atau bahkan menghilangkan asupan kafein sama sekali. Mengenal Kafein lebih dalam

Mengenal Kafein lebih dalam

 

Berapa lama KAFEIN mampu bertahan?

Kafein di dalam tubuh biasanya memiliki efek yang mampu bertahan 5 jam. Dengan mengkonsumsi 40mg Kopi, maka kita akan mendapat 20gram Kafein yang mampu bertahan 5 jam.

Mengenal Kafein lebih dalam

 

Kapan Puncak dari efek Kafein?

Puncak dari level kafein yang ada di dalam darah akan mencapai puncaknya 15-45menit setelah konsumsi. Setelah itu Kafein akan di cerna oleh Lambung.

Sebagian orang menyadari kekuatan efek Kafein di periode ini dan banyak report mengungkapkan tentang perasaan bersemangat dan banyak nya energy dalam tubuh namun juga keinginan untuk buang air kecil. Ciri-ciri ini akan mulai menghilang bersamaan dengan efek kafein yang mulai terurai dalam tubuh.

Namun sekali lagi, efek ini terpengaruhi dengan dosis, berat badan dan sensitifitas perseorangan. Mengenal Kafein lebih dalam

Bisakah seseorang membangun toleransi terhadap Kafein?

Tubuh normalnya bias beradaptasi dengan suatu zat bila dikonsumsi secara terus menerus. Hal ini juga berlaku untuk Kafein. Orang yang selalu mengkonsumsi kafein bisa saja mulai tidak merasakan efek nya lagi, karena terlalu sering. Namun bagi orang-orang yang memiliki sensitifitas terhadap kafein, efek ini mungkin tidak akan berkurang.

Mengenal Kafein lebih dalam

 

Makanan dan minuman yang mengandung Kafein

Biasanya Kafein paling banyak terkandung di Minuman berikut:

  • Kopi seperti Espresso, Latte dan Cappuccino
  • Teh Hitam, Hijau dan putih
  • Soft Drink
  • Energy drinks

Kafein juga bisa di temukan di dalam Makanan berikut:

  • Coklat, Es krim, beberapa Permen
  • protein and energy bars
  • obat Pereda nyeri
  • obat diet dan pusing

 Mengenal Kafein lebih dalam

 

Berapa banyak Kafein yang terdapat di tiap produk?

American Academy of Sleep Medicine sudah menetapkan perkiraan berikut:

  • 8 ons (oz) kopi seduh – 95 mg
  • 1 ons espresso – 64 mg
  • 8 ons teh seduh – 47 mg
  • 16-ons energy drink – 158 mg
  • 12-ons minuman soda – 45 mg
  • 1.55-ons Coklat – 9 mg

Untuk obat-obatan yang mengandung kafein biasa mencantumkan

Bagaimana Kafein mampu mempengaruhi waktu tidur?

Untuk sebagian besar orang kafein mampu bertahan hingga seharian. Beberapa orang bahkan mungkin bisa bertahan lebih lama atau lebih cepat. Sebagian orang dewasa mampu mengkonsumsi 200-300mg/ hari. Melebihi batas ini bisa saja menyebabkan masalah tidur. Mengenal Kafein lebih dalam

 

Mengenal Kafein lebih dalam

Apa yang perlu dilakukan jika Kafein mengganggu waktu tidur?

Jika seseorang mengkonsumsi kafein terlalu banyak, memang bisa mengganggu waktu tidur. Dan Jika waktu tidur terganggu sebaiknya orang tersebut mengurangi asupan Kafein sampai waktu tidurnya kembali normal.

Olahraga juga biasanya mampu mengurangi efek samping ini, seperti Yoga atau latihan pernafasan. Jam tidur harian yang selalu sama juga biasanya membantu tubuh untuk beradaptasi dengan Kafein.

Kafein bisa saja menjadi stimulant yang membantu, tetapi jumlah konsumsi yang masuk perlu di perhatikan.

Efek samping Kafein

Orang yang memiliki sensitifitas tinggi biasanya bisa memiliki ketidaknyamanan berikut:

  • Rasa cemas
  • Sakit Perut
  • Diare
  • Detak jantung yang cepat
  • Nafas yang pendek
  • Sulit tidur
  • Merasa kembung dan lelah
  • berkeringat
  • tidak nyaman
  • cemas berlebih

Orang dengan penyakit Ginjal maupun Hati biasanya merasakan tubuhnya menjadi semakin lebih parah setelah meminum Kafein.

Sama seperti obat-obatan. Sangat memungkinkan untuk bebas dari Kafein. Mengenal Kafein lebih dalam

 

Mengenal Kafein lebih dalam

Kehilangan Efek dari Kafein

Seseorang yang menghentikan mengkonsumsi kafein secara langsung biasanya akan merasakan:

  • kelelahan berlebih
  • tidak nyaman dan moody
  • sakit otot
  • mual dan sakit perut
  • kehilangan fokus
  • pusing dan migrain

Ciri-ciri di atas biasanya bisa di redakan jika si orang tersebut kembali mengkonsumsi Kafein. Namun jika orang tersebut ingin menghentikan konsumsi Kafein seluruhnya makan ciri-ciri di atas bisa saja hilang dalam hitungan hari.

Orang yang biasa meminum kafein dan berhenti tiba-tiba biasanya akan merasakan efek-efek d atas. Sangat disarankan jika ingin menghentikan konsumsi kafein. Dapat dilakukan pelan-pelan secara periodic tidak langsung. Mengenal Kafein lebih dalam

Mengenal Kafein lebih dalam

 

Cara membuat Kopi Nikmat di Copas - Cofee Passion

 

copas youtube buttoncopas whatsapp buttoncopas instagram buttonfb button

About the author: CopasCafeiners

Leave a Reply

Your email address will not be published.